sampai kapanpun batik itu milik indonesia…!

Pameran Gelar Batik Nusantara 2009

Pameran Gelar Batik Nusantara 2009

Akhirnya… meski dateng pas injury time… alias pas hari terakhir… finally gw dateng juga ke Pameran Gelar Batik Nusantara 2009 yang digelar tanggal 26 – 30 Agustus 2009 di JCC Senayan. Tema kali ini namanya ”Batik Forever” dari penyelenggara Yayasan Batik Indonesia… Cihuuuy… duhai Batik… here ai cooome darliiing… Now… or Never… -heleh-

Entah kenapa… gw sangat mencintai Batik dengan amat sangat… menurut gw… pake batik itu berasa pake lukisan… lukisan yang gak pake kanvas… kan rada rada aneh kalo gw pake baju yang bahannya dari kayu dan ada gambar monalisa didepannya… rada rada ribet kan… itulah mengapa para eyang kakung kita mendesain batik… -hohoho… ini legenda yang gak dapat dipercaya…-

Pake batik itu juga… berasa pake tatto… -yup… mengangguk mantab-… mungkin asal usul tatto itu datengnya dari Batik kali ya…? Sapa tahu dulu Christopher Colombus terinspirasi dari kain batik buat ngetatto mukanya… wew… who knows…?

Jadi… setelah gw mengiba ngiba minta ditemenin orang orang buat ke pameran batik ini… akhirnya… yang bersedia cuma si Cecepz… yeeee… makasi ya Cin… loveyufull… gw juga heran… kenapa ya pada gak mau diajak ke pameran ginian… heran gw… pantes ajalah… hak cipta seni ini jatuh kenegara orang… hiks… (T_T) orang generasi mudanya aja gak ada yang mau cinta ama produk negaranya sendiri… miris gw…

Maunya si kemaren ngajakin si Tapir itu buat nemenin ke pameran… mumpung dia akhir pekan balik ke Jakarta… tapi berhubung pas awal puasa kita dah janjian gak bakal ketemuan buat jalan berduaan selama ramadhan… yaaa… akhirnya dia cuma bilang “ati ati aja”… wew… sungguh gaya berpacaran yang aneh bukan…? ketemuan sih enggak… tapi kalo telpon… ngegombal kemana mana… yee… bo’ong aja itu mah…

Terus kemaren ngajak Djeung Letty… lagi sakiit… Terus si Poltak… Giginya juga sakit alasannya… tapi pas tadi gw sms… eh… lagi karaokean katanya… <–sakit gigi macam mana tuh… emangnya ke pameran elu bakal gw suruh gigit gigit panci…??? Jalan doang kali Tak… -itupun pake kaki… gak pake gigi…- Terus ngajak si Nunun… lagi nganterin adeknya daptar kuliah… -gw maapkan… lagian dia gak suka batik juga si…- Ngajak Mutia… sopirnya bermasalah… <– apa hubungannya cobak? Jebo… hmm… dia pasti menggelinjang kalo diajak ke pameran beginian… tapi… dia kan dah pass away… hikks… (T_T)… Mas Sigit… dia dah ada janjian ama kawan kawannya… masak gw nebeng mereka…? si Sefthin… balik ke Lampung… hhhh… ada apa dengan orang orang ini…? Grrr…

Tapi the show must go on… setelah berhasil menculik Cecepz bersama motornya… akhirnya Minggu jam setengah 2 siang kita kesono… JCC ama kosan gw tuh mah kan tinggal ngesot juga nyampe… Cuma sekelebat tali kutang ini… Tiketnya murah lho… Cuma 10 rebu… bandingin aja ama tiketnya Java Jazz dulu yang ampe ratusan rebu… (untung dulu dapet gratisan)… tapi ya gitu… tetep aja masih kalah rame… kalo dibandingin ama pas pameran komputer mah… ghhhe… gak ada apa apanya… tapi yaaah… setidaknya gak parah parah amat dibanding ke Tanah Abang pas mo Lebaran… bheeeh…

Berasa di Pasar Ikan gak sih...? Inilah kondisi disono... banyakan sih emak emak ama bokap bokap gitu... Batik... oh.. batikk...

Berasa di Pasar Ikan gak sih...? Inilah kondisi disono... banyakan sih emak emak ama bokap bokap gitu... Batik... oh.. batikk...

Dan gileee… onde mandee… -kalo kata nyokap gw-… batik kita itu ya… bweeehhh… INDAH INDAAAHHHHH… damn… gw bangga akan Indonesia gak cuma pas tuju belasan doang… momen momen begini nih yang bikin gw selalu merasa beruntung lahir di negara tercintah ini… wuiih… jadi yah… dipameran batik ini… banyak batik bertebaran dimana mana… -yaeyaaalaaahhh- soooo… sooo… sooo…. Biuutifffuuulll… mejiikk… menggemparkan… spektakuleer… dimana mana batik… mata gw ampe menggelinjang… dan itu… indah indaah… sumpaaah… -lebay-

Gw tahu sih agak berlebihan… tapi gw yakin… kalo negara yang mengklaim batik kita itu dateng kesini… mereka pasti nangis darah saking mindernya… mereka musti ngebawa kertas 5 rim buat ngedata batik batik ini buat diklaim lagi… (#_#)… sumpah… banyak banget dan macem macem pula… ugghh… gw aja tak henti hentinya meneteskan air liur dari pelupuk kedua bibir gw saking terharunya…

Bule aja beli Batik...!!

Bule aja beli Batik...!! (tapi itu gak keliatan kayak bule sih kalo di-potho-)

Disitu juga ada acara belajar bikin batik… gratis pula… sebenernya si… Cecepz ngajak ikutan… Cuma karna dah sore… akhirnya gak jadi… daripada… pas kita lagi latian ngebatik… terus secara naluriah… kita minum lilin panas itu dan mengunyah canting canting itu bak cemilan karna saking lapernya… yaahh… kita akhirnya meninggalkan misi mulia itu demi kedamaian hidup yang lebih baik…

Pelatihan membatik: Is... Free = Gratis alias Gretongan... kurang baek apa cobak negara kita ini?

Pelatihan membatik: Is... Free = Gratis alias Gretongan... kurang baek apa cobak negara kita ini?

Ini sebenernya gambar lagi latihan ngebatik... cuma angle moto-nya kurang bagus aja... jadi kayak bapak bapak lagi jualan anak... (#_#)

Ini sebenernya gambar lagi latihan ngebatik... cuma angle moto-nya kurang bagus aja... jadi kayak bapak bapak lagi jualan anak... (#_#)

Oiye… satu yang gw sayangkan dari budaya kita tercinta ini ya… it’soooo…. laraaaangg… mahaaal boow… (T_T)… apalagi pas dipameran yang bagian depan depan itu… gileee… harganya ampe jut-jut-an gitu… ngebombay aja gw liatnya… berkaca kaca… pantes… orang orang lebih niat cari kaos 15rebuan di Cipulir… khe… tapi… pas bagian dah tengah tengah itu… harganya lebih manusiawi sih… emang… gak bisa dibandingin ama batik Danar Hadi… tapi… namanya masih batik juga kok… -ngeles-

Dan gw terpaku tiap liat konter Batik NTT ama Madura… beeeh… gw cinta banget ama motifnya… kalo NTT… hmm… so kiyut… Madura… gw pikir motifnya bakal ada banya Clurit-Arit dimane mane… ternyata… motifnya tuh… indah buanget… Rumit… dan warnanya berani… -that’s why I love laah…- Terus… gw baru tahu juga kalo ada batik Malang… heh? Tapi motifnya kok… hmmm… rada rada aneh gitu ya… pantes Abah gw gak pernah cerita… -hehehehe-

Batik NTT... Motifnya indah sekali... kalem kalem gimana gitu...

Batik NTT... Motifnya indah sekali... kalem kalem gimana gitu...

Batik Madura... tak ada satupun motif arit disana...

Batik Madura... tak ada satupun motif arit disana...

Batik Malang... yang kayaknya didaerahnya aja gw gak pernah tahu dia eksis...

Batik Malang... yang kayaknya didaerahnya aja gw gak pernah tahu dia eksis...

Pokoknya gw cinta batik… cuiiintaaa… BCABatik Cinta Aku… -halah- yaah… setelah keliling keliling dan terdampar di sudut emperan tangga JCC… ngeliat ngeliat nista orang orang yang bawa banyak belanjaan… akhirnyaaah… gw beli batik juga si ama Cecepz… hehehe… Motif Palembang… hihihi… lucu dah… warnanya merah gitu… kesurupan gw liatnya… ampe gw beli dua… Cecepz si ambil yang item… harganya tuh… awalnya 150 rebu satu biji… terus mungkin mas-mas-nya itu iba kali ya… akhirnya turun jadi 95 rebu… dan setelah perang bibir cukup lama… jadinya kita bawa tuh batik 70 rebu… kata Cecepz… padahal masih bisa ditawar… jreeeengg… hah? Gw pikir penawaran kita itu dah cukup sadiizzz… kalo gak karna rasa perikemanusiaan aja akhirnya kita ngalah 70 rebu aja… hohohooo… -ketawa setan-

Terdampar di pojokan setelah keliling ampe 15ribu meter persegi pas puasa pula... gile aje... itu sama capeknya kalo disuruh berladang nanem tebu ke lahan satu hektar...

Terdampar di pojokan setelah keliling ampe 15ribu meter persegi pas puasa pula... gile aje... itu sama capeknya kalo disuruh berladang nanem tebu ke lahan satu hektar...

Wah... mbak mbak ini pasti cinta sekali ma indonesia... ampe ngeborong batik segitu banyaknya... berkarung karung gitu... moga isinya bukan bayi siap jual lah... hohoho...

Wah... mbak mbak ini pasti cinta sekali ma indonesia... ampe ngeborong batik segitu banyaknya... berkarung karung gitu... moga isinya bukan bayi siap jual lah... hohoho...

Batik hasil jarahan gw... sayang mereka gak fotogenik... jadi berasa kayak kain pel ya?

Batik hasil jarahan gw... sayang mereka gak fotogenik... jadi berasa kayak kain pel ya?

Tapi ada lho… mbak mbak gitu… dengan entengnya bilang… “itu kan cuma tuju ratus rebu doang…!!!”… whaaaatt… tuju ratus rebunya dikasi imbuhan “DOANG”… weww… pengen gw jambak mbak-nya itu… tapi gw ma Cecepz cuma bisa keselek salak mendengarnya… bweeeh… mbak mbak yang mengerikan…

Intinya… gw cinta Batik… hikmah yang dapat kita ambil dari pameran ini adalah… laen kali kalo ada pameran batik kayak gini lagi… musti dateng pas hari pertama… jadi ukuran batiknya masih lengkap… hhh… abisnye… ada tuh hari terakhir… ukurannya tinggal XL semua… geloo… emang mo dibuat kain seprei apah?

Hahaha… sudahlah… menantikan pameran ini lagi… lumayan… bisa liat liat orang catwalk segala… -berasa liat saingan… hihhhiihi…-

Cantik sekaleey.... Batik-nyah.... huahahah

Cantik sekaleey.... Batik-nyah.... huahahah

Wiih... gw pikir ini Tracie Trinita lho...

Wiih... gw pikir ini Tracie Trinita lho... kalo Emak gw tahu apa yang dia pakei... pasti dah direbut buat dijadiin celana gw... khe..

Maudyyyy.... Kembalikan batik nyonyah... Haduuh... warna batiknya indah sekali...

Maudyyyy.... Kembalikan batik nyonyah... Haduuh... warna batiknya indah sekali...

Dan gw dengan bangga bilang… kalo sampe kapanpun… Batik itu cuma punya Indonesia… bukan punya Negara SudanMozambik… ato Negara tetangga tercinta kita itu… heheheh… hhh… laen kali kalo dia berani berani ngaku ngakuin budaya kita lagi… kita harus bales… buat meng-klaim Siti Nurhaliza

Okeyh sodarah sodarah… cintailah batik… maka batik akan mencintai anda… -ghegheghe…-

Cintailah budaya bangsa ini... jiaaah... ayoo... dah siap buat sunatan nih...!!!

Cintailah budaya bangsa ini... jiaaah... ayoo... dah siap buat sunatan nih...!!!

ini maksudnya... Cintailah Indonesia... bukan selamatkan Cecepz dari kepunahan... huahahah...

ini maksudnya... Cintailah Indonesia... bukan selamatkan Cecepz dari kepunahan... huahahah...

Okit Jr.

14 thoughts on “sampai kapanpun batik itu milik indonesia…!

  1. hahaha… ternyata beneran toh kemaren ngajak ke pamerannya?
    terus nemu batik yang buat dijadiin gaun? 😀
    jadi inget pas di jogja kemaren, ngiler2 abis liat2 batik di sebuah toko ternama… tapi mahhhal… jadi cuman mampu beli satu… hehehe

    • Yaahh…
      setelah mengemis disana sinih…
      akhirnya kesana juga…
      padahal awalnya tuh ada yang ngajakin… tapi tiba tiba dibatalkan… *kesel gw…

      Kalo batik jogja… hmmm… kalem sekali neng…
      gw juga suka si… tapi kurang apa gitu…
      -padahal gak mampu beli ding…. ngeles aja….

    • Itulah…
      salah satu kebiadaban dari batik mbok…
      whaaayyy oh whaaay….?

      Oiye… gw belum liat batik yang kau beli?
      kayakmana?
      pake rumbai rumbai ato bordiran yang nutupin selat sunda enggak mbok?
      -plaaaak….

  2. ho’oh yaa…gmn kita mu cinta ma batik kalu hargaNya aja naudzubillah…

    hehehehe 😛 ni lagi dipake Nduk… batik yg selayakNya batik lah…dg motif bunga2, sulur2, abstrak2 gt lah… n mungkin kalu kamu liat bakal koment: “Its soooo U, mbok…” he 😛 -as usual-

    kmaren tuh ada dress dari batik lo…keren banget, desainNya Oscar Lawalata… ga kebayang deh hargaNya… trus stand yg ngepampang tu baju juga sepi2 aja tuh… kayakNya cuman buat certain class of society deh…

    Yuk… hunting batik lagi… 🙂

    • Emang ya…
      kalo naluri emak emak… bawaannya ke duit… hohoho…
      (so sad… kenapa karya seni sebegini eksotiknya…. MAHAL BUANGET…!!!)

      gw kebayang si mbok batik yang dipakek kayakmana… hahahah….
      sudah berapa tahun aku menjadi anakmu…???
      khe..

      Dan gw tahu kenapa stand-nya Mbak Oscar ini sepi sepi aja…
      pasti karna gak nampilin adek-nya jadi model… -plaak-
      kemaren itu gw ketemu ma mona ratulia… wiiii… cantik banget… putih kayak sapi… klklkl… suaminya ternyata ganteng yo…? -teteeuuup-
      tuhkan.. artis aja pake batik… masak kita enggak…???

  3. huahuahaha… asli ngakak *dalemhati* bacain tulisanmu, anak muda…

    sayah jg kemaren waktu ke pameran batik cuman moto2 doang, kagak sanggup beli… sampe nanya harga aja malu… :mrgreen:

    • Djeung Yo…
      sama sebenernya… kemaren itu beban mental juga mo nanya… orang paling banter diajak nyonyah belanja itu cuma ke tanah abang ato cipulir…

      makanya kita kemaren sempet beli karung buat nutupin muka kalo lagi nawar…
      ya olooh… nawaar… -berasa emak emak-

    • yeaahhhh….
      benar kakak muda…
      kita harus berjuang mempertahankannya…!!!
      -mata menyala nyala…-

      oooh… sudah pertanda waktunya buat masak rupanya…
      -melepas atribut demo dan kembali ke dapur-

    • menjelaskan tentang batik…???
      —whaaatt….
      gak cukup dalam media komentar, kisanak…
      ntar ya… gw coba posting kalo ada sempat…

      hmmm….
      gw coba referensikan majalah:

      National Geographic: Traveler Vol. 1 No. 6, 2009

      kebetulan disitu lagi dibahas ragam batik nusantara…
      —-pasti bakal terkagum kagum dan berdecak penuh takjub menyadari betawa kayanya bangsa indonesia tercinta ini…
      *sigh

      mengutip kata kata dian sastro:
      “…
      mencintai indonesia tidak harus lewat jargon jargon,
      tapi bisa dengan mengapresiasi hal hal kecil yang merupakan karya bangsa sendiri,
      termasuk memakai batik dan kain tradisional lainnya
      …”

      kalo kata gw terhadap komentar dian sastro:
      …. ini bukan hal hal kecil, mbak… tapi maha karya luar biasa….
      —–cling.

Tinggalkan Balasan

