halooo halooo bandung, ibukota keriangan

Bandung banyak menyimpan tempat wisata selain tumpukan baju bajunya. Salah satu wahana alam yang kami rekomendasikan adalah Kawah Putih, di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Memang jauh dari pusat kota, sih. Tapi udaranya yang dingin dan suasana pedesaannya yang santai (mungkin) akan membuat anda betah disana berlama lama.

Untuk masuk daerah Kawah Putih, anda dikenai biaya (pengalaman kami) sebesar IDR 15ribu untuk setiap bibir, dan IDR 150ribu untuk mobil. MAHAL YA! sungguh iya. Untuk yang tidak membawa kendaraan pribadi, ada angkutan umum yang akan membawa anda sampai ke daerah kawah dengan biaya IDR 30ribu. Jangan coba coba masuk ke dalam jalan kaki. JAUH. Jalanannya pun menukik naik. Agak agak horor gitu sebenernya, tapi pas nyampe diatas…. beeeegggh…. mmmm… dingin (banget). #rollingboobs

Saya sarankan anda membawa jaket dan masker untuk menangkal dingin dan busuknya bau belerang, —kawanan keriaan itu sih bahagia bener ketimpringan disana, si @Bksatrio ama @clarentia mah emang dasarnya aja doyan dingin. Saya? Seneng juga (sih). Tapi lebih hebring ngurus asma sendiri. *bengek*

Jika anda beruntung, cuaca yang cerah akan membuat danau kawah putih berwarna hijau. Cantik sekali. Tapi ya gitu sih… DINGIN. #teteup

Rekomendasi berikutnya letaknya di Bandung Utara, —ehbusyet jauh aje…, kita ke Lembang untuk maen ke Obsevatorium Bosscha. (ohmaygaaaaddd….., menarik sekali bukan, pemirsa….??? *kasih mic*)

Tidak ada apapun sih disana, #hening, cuma ada kubah yang didalamnya ada teropong segede Godzilla buat ngelihat bintang. Walaupun teropong ini tidak digunakan sebagai sumber meramal zodiak, tapi kita patut berbangga karena Bosscha adalah salah satu peneropongan bintang terbesar di Asia Tenggara dan yang penting…. pernah dipake suting pilem Petualangan Sherina, kaakaaaaak….. *boobs bergetar* *nyanyi… “Kanubis…., Perporator…, —-lalu lanjut nyebutin nama nama terong”*

Masuk ke wahana rimbun ini sebenernya gratis, pemirsa. Tapi kalau mau ngintip kedalam kubah ajaib tadi biar lebih eksis, anda cukup membayar IDR 7500 saja per jidat (namun ada jadwalnya, sih). Anda bisa menyaksikan secara langsung teropong segede satuan ton itu, dan mata anda bisa berbinar bahagia ketika si pemandunya mulai atraksi menaik turunkan dan memutar lantainya jadi macam lift gitu. *mata berkaca kaca*

Menarik sekali sebenernya tempat ini, sayang aja agak kurang perawatan nampaknya. 😦

Nah, masih di seputaran Lembang, di jalan Karmel terdapat tempat ibadah yang bisa anda kunjungi, Gua Maria Karmel atau lebih terkenal dengan sebutan Lembah Karmel. Ada gereja katolik disana bagi yang ingin berdoa, dan tempat ziarah (kalo saya gak salah) berupa rute jalan salib. Sayang sekali saat kami kesana, Gua Maria-nya sedang dalam renovasi, jadilah kami mengelilingi rute salib aja.

Di rute salib ini dikisahkan bagaimana proses penyaliban Yesus. Nah, di sepanjang rutenya terdapat beberapa pemberhentian kecil yang difigurkan lewat patung yang nantinya merunut kisah hingga di akhir pemberhentian, Yesus diangkat atau dinaikkan.

Tempatnya sejuk banyak pohon dan sebagaimana wisata rohani, ya suasananya tenang gitu (actually ini bukan tempat wisata juga sik). Bagi yang ingin kesana, jalan masuknya semacam gang dan cuma ada plang kecil sebagai papan petunjuk.

Baiklah sedemikian perjalanan saya bareng @angelfarrel, @BKsatrio, @clarentia, @dumzShai, @inilisaloch, dan @VaniaStephanie pada kapan lalu itu. Saya bukan penulis travel blog yang legendaris macam Kang @dansapar sih…, jadi reviewnya ya sedadanya aja ya pemirsa. (kendorin beha.)

*dadah dadah*

 

Okit Jr.
 
Iklan

8 thoughts on “halooo halooo bandung, ibukota keriangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s